KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 101 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 DIVISI XIII.C.2 Dusun Banyuurip, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak Bantul

Ariatun, Idfi and Mukhlishah, Nurul and Bagas Wicaksono, Eldo and Nani Djismudin, Ayu and Hafizh Nasrullah, Muhammad and Puspitasari, Anggun and Mumtaz, Jasmine and Alfian, Muhammad and Nur Wulandari, Reza (2023) KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 101 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 DIVISI XIII.C.2 Dusun Banyuurip, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak Bantul. [Laporan KKN] (Submitted)

[thumbnail of LAPORAN KKN_XIII.C.2_REG.101_2023.pdf] Text
LAPORAN KKN_XIII.C.2_REG.101_2023.pdf

Download (2MB)

Abstract

KKN merupakan kepanjangan dari Kuliah Kerja Nyata adalah suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat atau kegiatan yang mendayagunakan potensi mahasiswa untuk terjun dan dapat menyesuaikan kehidupan dalam masyarakat secara langsung. Tujuan umum dari kegiatan KKN ini yakni untuk menumbuhkan rasa empati dan kepekaan mahasiswa untuk memecahkan permasalahan ataupun membantu kelancaran dalam kegiatan yang ada dalam masyarakat. Atau dengan kata lain ikut serta dalam pembangunan program-program kegiatan khususnya di daerah pedesaan atau pesisir.

KKN Reguler divisi XIII.C.2. melaksanakan kegiatan pengabdian tersebut di Dusun Banyuurip, Caturharjo, Pandak, Bantul terhitung dari tanggal 31 Januari 2023 – 02 Maret 2023. Desa Banyuurip merupakan desa yang dipilih menjadi desa tujuan KKN. Potensi desa yang melimpah menjadi salah satu tujuan utama pelaksanaan KKN guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengolah dan mengembangkan potensi desa setempat. KKN diawali dengan proses observasi desa guna menjajagi desa dan melihat potensi desa yang akan menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan KKN. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi antar kelompok KKN, perangkat dan tokoh masyarakat desa, serta masyarakat setempat, khususnya yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaa, serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya mengembangkan keterampilan masyarakat dan ikut membantu pembangunan SDM guna meningkatkan potensi desa setempat. Dalam bidang lingkungan, program sedekah sampah menjadi program kerja utama yang dilaksanakan di Dusun Banyuurip ini. Sejalan dengan program Bupati Bantul bahwa “Bantul Bebas Sampah 2025” maka sejalan dengan itu pengembangan konsep pemilahan sampah dan pengolahan sampah menjadi program tematik utama serta didukung program kerja individu yang ikut serta dalam pembangunan di Dusun Banyuurip, Caturharjo, Pandak, Bantul.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Muhammad Hafizh Nasrullah
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:41
Last Modified: 13 Mar 2023 06:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41056

Actions (login required)

View Item View Item