KKN Reguler 106 I.A.1 Sanggar Bimbingan Sentul Tahun Akademik 2022/2023

Pita, Nora and Eka Wahyudi, Maulidya and Sofiya Intantri, Maya and Dewi, Cyntia (2023) KKN Reguler 106 I.A.1 Sanggar Bimbingan Sentul Tahun Akademik 2022/2023. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of R106_I.A.1.pdf] Text
R106_I.A.1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sanggar Bimbingan (SB) Sentul adalah salah satu SB yang didirikan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak Indonesia yang bertempat tinggal disekitar wilayah Kg Chubadak Hilir, Sentul Pasar, Kuala Lumpur, Malaysia. SB Sentul didirikan sejak 2 tahun lalu tepatnya pada 16 November 2021 atas inisiasi dari Shohehuddin, M.Ed. Sejak awal berdiri SB Sentul memiliki 7 (tujuh) siswa, hingga sekarang sudah memiliki 44 siswa. 12 (dua belas) siswa kelas 1, 8 (delapan) siswa kelas 2, 8 (delapan) siswa kelas 3, 3 (tiga) siswa kelas 4, 4 (empat) siswa kelas 5 dan 9 (sembilan) siswa kelas 6.
Pada KKN Internasional Terintegrasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah Se-Indonesia Program KKN/DIK KI dan PkM KI PTMA Angkatan 5 ini awalnya ada 4 mahasiswa yang ditugaskan di SB Sentul yaitu Aylul Fajrinniar ‘Ainiyah (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Putri Oktafia Rani (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Maulidya Eka Wahyudi (Universitas Ahmad Dahlan), dan Risda Irianti (Universitas Muhammadiyah Sorong) dan kemudian pada pekan kedua ditugaskan lagi 3 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan yang tadinya di SB Cheras yaitu Nora Pita, Maya Sofiya Intantri, dan Cyntia Dewi.
Dalam kegiatan KKN ini, kami telah berhasil melaksanakan berbagai program yang telah direncanakan sebelumnya. Program-program tersebut meliputi penyelenggaraan pendampingan belajar berbasis computational thinking, penyelenggaraan TPA, pembinaan hardskill dan softskill, serta peningkatan minat baca siswa.
Dalam pelaksanaan program-program tersebut, kami juga telah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait seperti pengurus SB, dosen pembimbing, mahasiswa S2 UPSI, dan stakeholder lainnya. Kolaborasi ini membantu kami untuk merancang dan melaksanakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan siswa-siswi SB Sentul.
Melalui kegiatan KKN ini, kami juga mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang berharga. Kami dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang telah kami pelajari di kampus dalam konteks nyata dan mengasah kemampuan sosial. Selain itu, kami juga belajar tentang kerja sama tim, manajemen waktu, dan mengatasi tantangan dalam situasi yang berbeda-beda.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Nora Nora
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:35
Last Modified: 15 Mar 2023 04:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41246

Actions (login required)

View Item View Item