LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 101 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 VII.A.1 Padukuhan Peni, Kelurahan Palbapang, Kepanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Setyaningrum, Lina and Yasifan Maulana, Rahmatialdi and Vina Oktafiani, Adek and Sholihah, Latifah and Faturrizky, Izzul and Cantika Putri Abdun, Nadya and Okta Saputra, Arif and Farindha Antika, Hanna and Fajar Restiyanti, Alif (2023) LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE 101 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 VII.A.1 Padukuhan Peni, Kelurahan Palbapang, Kepanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of R101_VII.A.1.pdf] Text
R101_VII.A.1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di Dukuh Peni, Kecamatan Palbapang, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta selama 1 bula dimulai pada tanggal 31 Januari sampai dengan 2 Maret 2023. Dukuh Peni merupakan desa yang dipilih menjadi desa tujuan KKN. Potensi desa yang melimpah menjadi salah satu tujuan utama pelaksanaan KKN guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengolah dan mengembangkan potensi desa setempat. KKN diawali dengan proses observasi desa guna menjajagi desa dan melihat potensi desa yang akan menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan KKN. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi antar kelompok KKN, aparat desa, serta masyarakat setempat, khususnya yang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaa, serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya mengembangkan keterampilan masyarakat dan ikut membantu pembangunan SDM guna meningkatkan potensi desa setempat. Program literasi juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini. Dalam bidang lingkungan, pengembangan konsep pemilahan sampah dan pengolahan sampah di tingkat desa mendapat respon dan partisipasi aktif warga Dukuh Peni.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Lina Setyaningrum
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:14
Last Modified: 14 Mar 2023 01:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41259

Actions (login required)

View Item View Item