KKN REGULER 101 unit III.C.1 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Al-Hasan, Adil and Anjarsari, Anjarsari and Hardiyanti, Tari and Nursodik, Ahmad and Vianingtyas, Naresh and Suhendar, Suhendar and Cahyaningrum, Annasuha and Salsabila, Ayudia and Rifki, Muhammad (2023) KKN REGULER 101 unit III.C.1 TAHUN AKADEMIK 2022/2023 Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of R101_III.C.1.pdf] Text
R101_III.C.1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata telah dilaksanakan di Desa Plumbungan, Kelurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta selama 4 minggu dimulai pada tanggal 31 Januari sampai dengan 4 Maret 2023. Desa Plumbungan sendiri merupakan desa dengan potensi yang cukup melimpah pada berbagai bidang sehingga menjadi salah satu tujuan utama dilaksanakannya KKN guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengabdikan diri oleh mahasiswa di desa setempat. KKN diawali dengan proses observasi desa guna menjajagi desa dan melihat potensi desa yang akan menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan KKN. Program-progarm dirancang berurutan mulai dengan diskusi antar kelompok KKN, aparat desa, serta masyarakat setempat, khususnyay ang bersinggungan langsung dengan program-program yang dirancang. Pelaksanaan program KKN dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi di akhir setiap program. Hasil yang dicapai dari keseluruhan program KKN diantaranya mengembangkan keterampilan masyarakat dan ikut membantu pembangunan SDM guna meningkatkan potensi desa setempat.  Program literasi juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini. Dalam bidang lingkungan, pengembangan konsep pemilahan sampah dan pengolahan sampah di tingkat desa mendapat respon dan partisipasi aktif warga Desa Plumbungan.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Naresh Vianingtyas
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:02
Last Modified: 14 Mar 2023 04:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41320

Actions (login required)

View Item View Item