KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 101 Divisi IV.A.3 Tahun akademik 2022/2023 Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY

Desa Restu Saparti, Arga and Ayudya Pangestuti, Dedek and Prasetyo Fajri, Firja and Nurmayasari, Fita and Agnesya Pratama, Jovi and Khasanah, Nahriatul and Hidayatullah, Syarif and Sova Rahma, Tiara and Nuraini, Widya (2023) KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode 101 Divisi IV.A.3 Tahun akademik 2022/2023 Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of LAPORAN KKN_IV.A.3_REG.101_2023.pdf] Text
LAPORAN KKN_IV.A.3_REG.101_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu proses pembelajaran bagi mahasiswa melalui kegiatan langsung di tengah-tengah masyarakat dan mahasiswa baik secara aktif dapat mengidentifikasi serta menangani masalah yang ada di dalam masyarakat. Kegiatan KKN menuntut mahasiswa untuk dapat mengabdi dan membagi ilmu yang telah didapatkan selama menempuh bangku perkuliahan. Selain itu, dari kegiatan KKN mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dan ilmu baru yang tidak didapatkan di bangku kuliah. Program KKN Reguler UAD Periode 101 Divisi IV.A.3 tahun akademik 2022/2023 dilaksanakan di Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, DIY. Program KKN ini dilaksanakan dari tanggal 31 Januari 2023 sampai dengan 2 Maret 2023. Sebelum memulai kegiatan KKN di Dusun Plebengan dilakukan observasi untuk mengetahui lokasi dan tempat KKN. Observasi ini dilakukan dengan metode tanya jawab dengan Bapak Kepala Dusun, kemudian dibentuk rencana program kerja KKN. Program kerja KKN yang dilakukan terdiri dari dua program yaitu program kerja individu dan program kerja tematik. Program kerja individu meliputi kegiatan terkait bidang keilmuan, keagamaan, seni, dan olahraga. Sedangkan progran kerja tematik disusun dan dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua mahasiswa KKN Reguler UAD Divisi IV.A.3. Program tematik ini meliputi pengolahan limbah sampah plastik, pendampingan dan sosialisasi UMKM enceng gondok, pelaksanaan penghijauan, pengadaan fasilitas dusun, kegiatan pemeriksaan mata bagi anak-anak, festival anak sholeh, kegiatan keagamaan dan pengajian akbar. Secara keseluruhan setiap program kerja KKN dapat terlaksana dengan lancar berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara mahasiswa KKN dengan masyarakat. Dengan demikian, setelah kegiatan KKN berakhir diharapkan para warga di Dusun Plebengan dapat terus mengembangkan segala potensi yang ada. Dan setiap kegiatan yang telah berlangsung secara terus-menerus dapat tetap dipertahankan dan dilaksanakan.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Fita Nurmayasari
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:34
Last Modified: 15 Mar 2023 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41375

Actions (login required)

View Item View Item