Pendampingan Psikis Pada Generasi Alpha dengan Berbasis Akulturasi Budaya Di Sanggar Bimbingan Subang Mewah

Asyfa, Anadian Rowdhatul and Putri Hidayat, Aliffya Sabrina and Rahmawati, Ivana Salsabila (2023) Pendampingan Psikis Pada Generasi Alpha dengan Berbasis Akulturasi Budaya Di Sanggar Bimbingan Subang Mewah. [Laporan KKN] (Unpublished)

[thumbnail of R106_I.B.2 (1).pdf] Text
R106_I.B.2 (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of R106_I.B.2 (2).pdf] Text
R106_I.B.2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang kami lakukan saat penerjunan KKN KI Batch ke-5, Sanggar Bimbingan Subang Mewah memiliki kondisi yang baik.SB Subang Mewah beralamat di Pangsa Puri Angsana,Subang Mewah, Selangor. SB Subang Mewah ini berada dibawah naungan ormas Himaka. Sanggar bimbingan Subang Mewah ini memiliki 30 siswa yang berasal dari Indonesia namun berdomisili di Malaysia karena mengikuti orang tua mereka. Agama yang dianut oleh mereka adalah Islam. Anak-anak ini bertempat tinggal tidak jauh dari Sanggar bimbingan , rata rata dari mereka masih menempati persiaran yang sama letaknya dengan Sanggar bimbingan , hanya beda komplek saja. 23 anak ini duduk di grade yang tidak selaras, di Sanggar bimbingan Subang Mewah memiliki 5 tingkatan grade yaitu grade 1 sampai grade 5. Grade 1 sebanyak 15 siswa , grade 2 sebanyak 6 siswa , grade 3 sebanyak 7 siswa , grade 4 sebanyak 1 siswa , dan grade 5 sebanyak 1 orang.
Adapun program kerja yang kami buat setelah melalui trial and eror adalah sebagai berikut. Bimbingan Belajara. Menyusun kalimat sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penyelesaian Soal Matematika dalam soal cerita. Melakukan bounding kepada setiap anak. Melakukan screening dan Assesment terhadap anak dengan gangguan belajar. Memberikan pendampingan konseling terhadap anak dengan gangguan psikologis. Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Latihan Pemusatan Fokus. Bermain dengan media literasi dan numerasi b.Membuat bentuk gambar sederhana dari perpaduan angka-angka c. Mengajar membaca untuk anak yang masih kesulitan membaca. Pendampingan Senia. Melatih Pidato agama bagi anak-anak d.Membiasakan anak membaca surat-surat pendek sebelum belajar e. Pengenalan Bahasa inggris dengan metode lagu .
Kegiatan KKN KI ini, metode pelaksanaan kegiatan yang kami gunakan untuk kegiatan penelitian adalah Metode Penelitian Kualitatif berupa observasi, wawancara, dan studi kasus untuk menjawab fenomena yang ada pada SB Subang Mewah melalui Pengabdian Masyarakat di SB Subang
Upaya ini yang dilakukan tersebut dilakukan beberapa kali hingga akhirnya mendapatkan cara yang paling sesuai.

Item Type: Laporan KKN
Subjects: A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
Divisi / Prodi: Lembaga Pengbdian pada Masyarakat
Depositing User: Anadian Rowdhatul Asyfa
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:52
Last Modified: 16 Mar 2023 04:52
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41423

Actions (login required)

View Item View Item