STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Dinda Velita, Bela and FITRI, INDRIANI (2022) STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. In: STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI MASA COVID-19 DI SEKOLAH DASAR, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

[thumbnail of KORESPONDEN_FITRI INDRIANI_STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN.pdf] Text
KORESPONDEN_FITRI INDRIANI_STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of HASIL CEK_FITRI INDRIANI_STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN.pdf] Text
HASIL CEK_FITRI INDRIANI_STRATEGI PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS DAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ARTIKEL PROSIDING_merged.pdf] Text
ARTIKEL PROSIDING_merged.pdf

Download (713kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberi dampak pada berbagai sektor kehidupan
salah satunya sektor pendidikan terutama sistem pembelajaran, dimana
sebelumnya dilakukan tatap muka beralih secara online. Pada kegiatan
pembelajaran online, guru memberikan tugas berorientasi pada ranah
pengetahuan sementara ranah karakter terabaikan. Akibatnya karakter
anak terutama religius dan mandiri cenderung menurun. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pananaman karakter religius
dan mandiri masa pandemi Covid-19 serta mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam penanaman karakter religius dan
mandiri masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jenis metode
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan
wawancara. Subjek dalam penelitian antara lain orang tua, guru dan
siswa. Objek penelitian mengenai strategi penanaman karakter religius
dan mandiri masa Covid-19 di sekolah dasar. Teknik pengumpulan
datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduction, data,
display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan
bahwa (1) Strategi penanaman karakter religius dan mandiri dilakukan
dengan terintegrasi dalam pembelajaran, kerja sama orang tua dan
guru, pembiasaan, ketauladanan, dan penghargaan. (2) Adapun faktor
pendukung adalah terjalinnya kerjasama yang baik antar orang tua dan
guru dengan membangun komunikasi secara intens melalui Whatsapp
dan buku penghubung sebagai control guru ketika siswa di rumah.
Sedangkan faktor penghambat dengan adanya masa pandemi Covid-19,
guru mengalami keterbatasan waktu dalam mengawasi secara langsung
karakter siswa dikarenakan kegiatan pembelajaran dilakukan secara
daring dari rumah. Hasil dari penelitian ini adalah dapat dijadikan acuan
bagi pemegang kebijakan dalam penanaman karakter terutama karakter
religius dan mandiri di masa pandemic covid 19 di lembaga pendidikan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: Covid-19, Karakter religius, karakter mandiri, Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Dr, M.Pd.I Fitri Indriani
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:09
Last Modified: 10 Nov 2023 02:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41490

Actions (login required)

View Item View Item