ANALISIS CEMARAN KADAR PESTISIDA KIMIA BERBAHAYA PADA PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN (PSAT) DI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rizkina, Listanaya (2021) ANALISIS CEMARAN KADAR PESTISIDA KIMIA BERBAHAYA PADA PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN (PSAT) DI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. [Laporan KP] (Unpublished)

[thumbnail of KP_1800033001_ANALISIS CEMARAN KADAR PESTISIDA KIMIA BERBAHAYA.pdf] Text
KP_1800033001_ANALISIS CEMARAN KADAR PESTISIDA KIMIA BERBAHAYA.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of KP_1800033001_BAB 1-LAMPIRAN.pdf] Text
KP_1800033001_BAB 1-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Residu pestisida pada produk pertanian dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Beberapa produk pangan yang dicurigai mengandung pestisida adalah ke-empat komoditas yang diuji yaitu kacang panjang, sawi bakso, bunga kol dan pier mengandung positive low. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kadar penggunaan pestisida dan menganalisa seberapa besar kandungan residunya pestisida yang terkandung dalam pangan segar kacang panjang, sawi bakso, bunga kol dan pier yang diproduksi di Pasar Karangijo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Jenis ini penelitian survei observasional dengan pendekatan deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling metod. Sampel pangan segar diambil secara acak dari pedagang pasar Karangijo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Pemeriksaan sampel tahap ekstraksi adalah dilakukan di Laboratorium OKKPD yang berada di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menggunakan alat Rapid Test Kit (RTK). Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif karena tingkat pencemaran pestisida hanya diketahui berdasarkan tingkat perubahan dari warna merah bata sebagai control dan warna putih sebagai hasil dari kertas cakram setelah diuji terjadi perubahan warna biru muda menunjukkan positive low, positive high menunjukkan warna biru sangat muda dan hasil negative menunjukkan warna biru langit atau sama dengan kertas control. Hasil analisis kandungan kadar residu pestisida pada sampel ke-empat komoditas pangan segar yaitu kacang panjang, sawi bakso, bunga kol dan pier positive low masih di bawah BMR ambang batas 0,5 mg/kg yang dipersyaratkan. Saran bagi instansi terkait untuk meningkatkan penyuluhan kepada petani dan penjualan di pasar Karangijo, Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul untuk mengurangi residu pestisida pada produk pertanian.
Kata kunci: residu, pestisida, kacang Panjang, sawi bakso, bunga kol dan pier.

Item Type: Laporan KP
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Food Technology (S1-Teknologi Pangan)
Depositing User: Listanaya Rizkina
Date Deposited: 18 Mar 2023 07:56
Last Modified: 18 Mar 2023 07:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41507

Actions (login required)

View Item View Item