Utami, Endah and Teddy Saputra, Novri (2021) Pemetaan Prioritas Perbaikan Kualitas Layanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Sarolangun. In: Prosiding seminar nasional UNIMUS.
Text
881-1678-1-SM.pdf Download (1MB) |
|
Text
HASIL CEK_Artikel 881.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sarolangun telah berusaha untuk memberikan layanan
dan fasilitas terhadap pengunjung perpustakaan. Namun, berdasarkan hasil observasi dan
pengamatanyang dilakukan di lapangan kepada responden masih terdapat keluhan berbagai masalah
yaitu kurangnya sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan kurangnya bahan
pustaka, pengunjung mengeluhkan koleksi buku yang tidak update, dan penataan koleksi buku yang
tidak teratur. Penelitian ini bertujuan merumuskan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan
yang ada di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini menggunakan
metode Importance Performance Analysis (IPA). Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara,
dan menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel yang dihitung berdasarkan metode Slovin. Penelitian ini
menggunakan 5 dimensi parasuraman (Tangible, Reability, Responsiveness, Empathy, dan Assurance)
menggunakan teknik sampling Purposive. Hasil dari Customer Satisfaction Index menunjukkan index
kepuasan menyeluruh sebesar 71,30% yang berarti kepuasan pengguna terhadap pelayanan Kantor Arsip
dan Perpustakaan Kabupaten Sarolangun secara keseluruhan dapat dikatakan puas. Hasil diagram IPA
yang menjadi penilaian peningkatan kualitas layanan terdapat 5 atribut pada Kuadran I yang harus
dilakukan peningkatan kualitasnya yaitu Perpustakaan menyediakan peralatan yang sesuai dengan
kebutuhan, perpustakaan memiliki koleksi bacaan sesuai kebutuhan pengunjung, perpustakaan
menggelompokkan buku sesuai dengan bidang ilmu, pengguna menerima informasi secara cepat dan tepat,
dan perpustakaan melakukan penataan buku sesuai dengan penomoran yang ditentukan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keyword: | Satisfaction, Performance, IPA Methods, Kualitas Layanan, 5 Parasuraman Dimension |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | Handi Dharmawan |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41663 |
Actions (login required)
View Item |