WHATSAPP GROUP SEBAGAI WADAH INTERAKSI ANTAR ANGGOTA GHEALWAYS

WIDAYANTI, WIWIN and Wenerda, Indah (0021) WHATSAPP GROUP SEBAGAI WADAH INTERAKSI ANTAR ANGGOTA GHEALWAYS. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 25 (2). ISSN 2527-693X

[thumbnail of 2. Ghea Always - JP2KP.pdf] Text
2. Ghea Always - JP2KP.pdf

Download (657kB)

Abstract

Pada tahun 2021 WhatsApp genap berusia 12 tahun. Hingga saat ini WhatsApp melayani hampir dua milyar lebih penggunanya. Tidak terkecuali pengguna dari kumpulan fanbase yang menjadikan WhatsApp group sebagai ruang berkumpul baru saat ini. Ghealways adalah sebutan dari kumpulan fanbase Ghea Indrawari yaitu finalis Indonesian Idol tahun 2018. Ghealways menjadikan aplikasi WhatsApp sebagai wadah tempat untuk berkomunikasi dan berdiskusi sesame fans Ghea lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi percakapan WhatsApp sebagai wadah berkumpul dan interaksi antar anggota dari fanbase Ghealways. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode netnografi dan pengumpulan data yang dilakukan adalah berupa observasi partisipasi ndan wawancara kepada beberapa orang dari anggota Ghealways.
WhatsApp group digunakan oleh anggota Ghealways sebagai wadah interaksi antar anggota ketika harus berbagi informasi tentang Ghea Indrawari. Mulai dari jadwal dan tempat Ghea off air dan on air, mengetahui keseharian Ghea sebagai idola bersama, dan membahas hal-hal lainnya terkait kesukaan antar anggota Ghealways. Selain itu WhasApp group Ghealways juga digunakan sebagai media berkoordinasi antar anggota untuk kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan baik secara online maupun offline.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: indah wenerda
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:59
Last Modified: 29 Mar 2023 01:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41694

Actions (login required)

View Item View Item