Wenerda, Indah (2022) Hasil Cek Representasi Anak Muda. EKSPRESI: Indonesian Art Journal, 11 (1). ISSN ISSN: 2964-5921 (Unpublished)
Text
HASIL CEK_3. Representasi Anak Muda.pdf Download (2MB) |
Abstract
Keberadaan penikmat kopi tidak pernah pudar bahkan terus bertumbuh menjadi sebuah lifestyle
atau gaya hidup. Kegiatan ngopi kian digemari oleh anak muda di berbagai kota khususnya di Kota
Yogyakarta. Kedai kopi pun hadir kian menjamur meskipun pada saat pandemi Covid-19. Kopi Good
Day selaku salah satu brand kopi terkenal yang turut ada di pasar, menggunakan beragam strategi
periklanan yang unik dan segar melalui berbagai media untuk menguasai pasar. Tema-tema iklan
dan promosinya kemudian dikaitkan dengan kegiatan anak muda sebagai mayoritas pasar di
Yogyakarta. Penelitian ini hendak mengupas makna iklan dan anak muda dalam iklan Kopi Good
Day. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes untuk menganalisis makna
pada iklan Godd Day “Cari Terus Rasamu”. Hasil penelitian yaitu delapan unit denotasi, konotasi,
dan mitos dari masing-masing iklan yang menggambarkan gaya hidup anak muda melalui berbagai
macam hobi, penokohan, kepribadian, adegan, percakapan, berbagai properti, serta kegiatan
aktivitas keseharian anak muda. Gaya hidup dalam iklan yang direpresentasikan dalam iklan
menunjukan identitas diri anak muda sebagai pusat perhatian dari orang-orang di sekitarnya.
Item Type: | Artikel Umum |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | indah wenerda |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 02:19 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 02:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41711 |
Actions (login required)
View Item |