Hasil cek plagiarisme: PENGHAMBAT NIAT DAN PERILAKU MASYARAKAT AKTIF DALAM KEGIATAN BANK SAMPAH

Astuti, Reni Dwi and Nisa, Devi Meilana Khoirun (2021) Hasil cek plagiarisme: PENGHAMBAT NIAT DAN PERILAKU MASYARAKAT AKTIF DALAM KEGIATAN BANK SAMPAH. Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[thumbnail of HASIL CEK_JRST.pdf] Text
HASIL CEK_JRST.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu mekanisme yang diajukan Pemerintah untuk mengurangi volume sampah adalah dengan program Bank Sampah. Pada tahun 2019, Kabupaten Bantul memiliki 117 bank sampah, 40% bank sampah yang aktif, 9% bank sampah kurang aktif, dan 51% bank sampah yang tutup. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui faktor penghambat masyarakat untuk berpartisipasi aktif di bank sampah. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu regresi linear. Penentuan jumlah sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria dalam pemilihan responden yaitu masyarakat yang menjadi anggota pasif bank sampah atau belum mengikuti kegiatan bank sampah. Jumlah responden sebanyak 223 kuisioner. Variabel penelitian yaitu sikap, ketidaknyamanan, situasional bank sampah, situasional nasabah, niat perpartisipasi di bank sampah, dan perilaku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sikap, ketidaknyamanan, situasional nasabah, dan situasional bank sampah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap niat masyarakat beraktivitas dalam kegiatan bank sampah dengan koefisien determinasi sebesar sebesar 77,7%. Faktor ketidaknyamanan mempunyai pengaruh terbesar dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,302. Sedangkan niat berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku masyarakat ikut dalam kegiatan bank sampah, dengan koefisien determinasi sebesar 62,2%.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T.,M.T. Reni Dwi Astuti
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:58
Last Modified: 29 Mar 2023 04:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41750

Actions (login required)

View Item View Item