Pengembangan dan Validitas Inventori Makna Hidup

Fauziah, Mufied and Setyowati, Aprilia and Saputra, Wahyu Nanda Eka and Lia, Anisa Rahma and Aprilinsia, Vinny (2023) Pengembangan dan Validitas Inventori Makna Hidup. IJEC, 7 (1). pp. 42-49. ISSN ISSN 2541-2779 (print) and ISSN 2541-2787 (online)

[thumbnail of ARTIKEL_FAUZIAH_MAKNA HIDUP.pdf] Text
ARTIKEL_FAUZIAH_MAKNA HIDUP.pdf

Download (575kB)
[thumbnail of HASIL CEK_FAUZIAH_Makna Hidup, Inventori, Validitas. (1).pdf] Text
HASIL CEK_FAUZIAH_Makna Hidup, Inventori, Validitas. (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Makna hidup merupakan bagian yang penting untuk dimiliki manusia sebagai sebuah dorongan untuk mencapai tujuan personal. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah inventori makna hidup untuk mahasiswa yang terstandar dan dapat mengukur makna hidup mahasuswa. Inventori mahasiswa diharapkan dapat digunakan oleh pendidik untuk membantu mahasiswa dalam mengenali dan memahami diri. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah pengembangan Gregory yang terdiri dari mendefinisikan tes, memilih skala, mengonstruksi butir, menguji butir, revisi, dan pengembangan norma. Penilaian ahli dilakukan oleh tiga ahli, serta mahasiswa Prodi BK UAD sebagai penilai keterbacaan instrumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis yang dilakukan terhadap informasi yang diperoleh tentang pengembangan instrument makna hidup menyangkut penilaian ahli, uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli instrumen dan bimbingan konseling menunjukkan sangat sesuai yang berarti inventori makna hidup ini telah memenuhi kriteria baik dan dapat dilanjutkan untuk proses uji keterbacaan. Hasil penilaian keterbacaan menunjukkan bahwa inventori makna hidup mudah dipahami oleh mahasiswa. Hasil Uji validitas konstruk menggunakan product moment merujuk pada R hitung .0,198 dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan nilai sebesar 0.860 yang berarti reliabel. Inventori makna hidup ini berupa 32 butir pernyataan dari 5 indikator.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Makna Hidup, Inventori
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: mufied fauziah
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:06
Last Modified: 30 Mar 2023 02:06
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41766

Actions (login required)

View Item View Item