PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM LAYANAN INFORMASI TENTANG KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA

Azizah, Anisa Nur and Nugraha, Ariadi (2021) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM LAYANAN INFORMASI TENTANG KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA. Prosiding seminar nasional bimbingan dan konseling islami, 1 (-). pp. 1917-1960. ISSN 2808-9421

[thumbnail of Artikel_Nugraha_PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM LAYANAN.pdf] Text
Artikel_Nugraha_PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM LAYANAN.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Nugraha_PENGEMBANGAN scrapbook.pdf] Text
HASIL CEK_Nugraha_PENGEMBANGAN scrapbook.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Peer review_Nugraha_Pengembangan Media Scrapbook.pdf] Text
Peer review_Nugraha_Pengembangan Media Scrapbook.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa. Faktor kedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang ada dalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dan tidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi dalam penelitian ini yaitu riset dan development (RnD) yang dilakukan dengan pengembangan atau memaparkan fakta-fakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataan yang berasal dari hasil metode observasi dan wawancara. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor kedisiplinan belajar siswa siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari subjek penelitian, menunjukan bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dirinya sendiri yaitu siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernah mengerjakan PR atau tugas, malas untuk mencatat dan membaca buku pelajaran,kurangnya kesadaran untuk belajar, belum terbiasa dengan disiplin belajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari luar individu berupa lingkungan keluarga, orangtua yang tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak mengakibatkan anak menjadi tidak disiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua juga mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru yang galak dan cara mengajar yang membosankan menyebabkan siswa malas belajar, dan faktor terakhir yang mengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena faktor lingkungan seperti teman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Kedisiplinan Belajar,Scrapbook, Layanan Informasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: S.Pd.,M.Pd Ariadi Nugraha
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:28
Last Modified: 30 Mar 2023 04:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41910

Actions (login required)

View Item View Item