PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Huda, Daniel and Nugraha, Ariadi (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Prosiding seminar nasional bimbingan dan konseling islami, 1 (-). pp. 1819-1827. ISSN 2808-9421

[thumbnail of Artikel_Nugraha_PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA.pdf] Text
Artikel_Nugraha_PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Nugraha_PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO.pdf] Text
HASIL CEK_Nugraha_PENGEMBANGAN PERMAINAN LUDO.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Peer review_Nugraha_Pengembangan Permainan Ludo.pdf] Text
Peer review_Nugraha_Pengembangan Permainan Ludo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya kemampuan kognitif pada siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar.
Dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok dan media permaian ludo, di harapkan
bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa. Hal ini telah tertuang dalam Undangundang
Republik Indonesia nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional,pasal
12 ayat (2) menyebutkan selain jenjang pendidikan sebagaimana dimaksud pada Ayat
(1),dapat diselenggarakan pendidikan pra-sekolah, adalah pendidikan yang diselenggarakan
untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan keterampilan yang melandasi pendidikan
dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan atas pendidikan se-dini mungkin
dan seumur hidup. Karena kebanyakan siswa mengalami kesulitan belajar karena
kemampuan kognitif yang lemah karena kurangnya latihan dalam berpikir sehingga
menyebabkan sebagian anak berkesulitan dalam belajar. Oleh karena itu Permainan ludo
dengan dimainkan oleh 4 orang dengan papan yang berwarna merah, kuining,hijau, dan
merah masing-masing permain melemparkan dadu secara bergiliran, dengan ini di harapkan
siswa bisa berkembang dalam memilih jalan yang akan di lakukan mengambil langkah yang
tepat dan benar sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan kemmapuan kognitif
pada siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok

Item Type: Artikel Umum
Keyword: bimbingan kelompok ,ludo ,kognitif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: S.Pd.,M.Pd Ariadi Nugraha
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:29
Last Modified: 30 Mar 2023 05:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41920

Actions (login required)

View Item View Item