Studi Efektivitas Metode Ekstraksi Selulosa dari Agricultural Waste

Amrillah, Nafira Alfi Zaini and Hanum, Farrah Fadhillah and Rahayu, Aster (2022) Studi Efektivitas Metode Ekstraksi Selulosa dari Agricultural Waste. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, - (-). pp. 1-8. ISSN E-ISSN:2745-6080

[thumbnail of Similiarity Artikel 19-2.pdf] Text
Similiarity Artikel 19-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Potensi hasil pertanian di Indonesia yang cukup tinggi menyebabkan potensi limbahnya juga semakin besar sehingga pengolahan limbah yang bijak akan menentukan kemanfaatan dari limbah tersebut. Salah satu bagian limbah yang bisa diambil adalah selulosa, mengingat selulosa ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan kertas, plastik dan bahan industri lainnya. Untuk mendapatkan selulosa maka dilakukan proses delignifikasi yang bertujuan untuk menghilangkan kandungan lignin dari bahan berlignoselulosa dalam hal ini adalah agricultural waste. Delignifikasi tersebut dapat dilakukan dengan beberapa metode meliputi perlakuan basa (modifikasi proses bleaching), enzimatik, extrusion dan Iradiasi Gelombang Mikro. Studi ini diharapkan dapat memberikan gambaran proses ekstraksi selulosa dari limbah pertanian dengan cara membandingkan beberapa metode tersebut berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya supaya peneliti selanjutnya dapat menentukan proses ekstraksi yang paling sesuai dengan kondisi dan tujuan penelitiannya.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: selulosa, ekstraksi, agricultural, limbah
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S2-Chemical Engineering(S2-Teknik Kimia)
Depositing User: Ph.D Aster Rahayu
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:01
Last Modified: 31 Mar 2023 02:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41938

Actions (login required)

View Item View Item