PENGARUH VARIASI MASSA STEARIN DAN MINYAK JELANTAH HASIL PENJERNIHAN DENGAN KARBON AKTIF TERHADAP KUALITAS LILIN

Jamilatun, Siti and Luthfiani, Ikko Nirwana and Putri, Dita Permata and PITOYO, JOKO and Rahayu, Aster (2022) PENGARUH VARIASI MASSA STEARIN DAN MINYAK JELANTAH HASIL PENJERNIHAN DENGAN KARBON AKTIF TERHADAP KUALITAS LILIN. Agroindustrial Technology Journal, 06 (01). pp. 35-57. ISSN 2598-9480

[thumbnail of Similiarity  Artikel 12-2.pdf] Text
Similiarity Artikel 12-2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Minyak goreng adalah minyak nabati yang telah dimurnikan dan dapat digunakan sebagai bahan pangan. Konsumsi minyak goreng digunakan sebagai media menggoreng bahan pangan, penambah cita rasa dan membentuk tekstur pada pembuatan roti. Minyak goreng yang sudah digunakan berulang kali atau yang biasa disebut dengan minyak jelantah memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh dan akan mencemari lingkungan jika tidak dikelola dengan baik. Salah satu cara mengatasi polusi limbah minyak jelantah adalah dibuat lilin. Lilin merupakan bahan yang terbuat dari parafin, mudah mencair jika dipanaskan, dan dapat digunakan sebagai sumber penerangan. Dalam pembuatan lilin, ditambahkan bahan kimia yaitu stearin. Fungsi dari stearin ini adalah untuk memberi bentuk pada lilin karena stearin akan menjadi padat setelah dingin. Adanya asam palmitat dan asam stearat yang terkandung di dalam stearin yang menyebabkan stearin berada pada kondisi padat pada suhu kamar. Penelitian dilakukan menggunakan 400 ml minyak jelantah yang kemudian dijernihkan dengan variasi massa karbon aktif sebanyak 40, 80, dan 120 gram. Minyak yang telah dijernihkan selanjutnya akan dianalisis nilai absorbansinya menggunakan spektrofotometer UV/VIS, kemudian akan diproses menjadi lilin dengan penambahan variasi massa stearin sebanyak 50, 75, dan 100 gram. Lilin yang dihasilkan tersebut akan dilakukan pengujian yang meliputi kekerasan, uji organoleptik, uji nyala, dan ketahanan nyala lilin.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: Karbon aktif; Lilin; Minyak jelantah; Stearin
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Chemical Engineering (S1-Teknik Kimia)
Depositing User: Ph.D Aster Rahayu
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:01
Last Modified: 31 Mar 2023 02:01
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/41952

Actions (login required)

View Item View Item