Pengembangan Sistem Informasi Laboratorium Program Studi Teknik Industri

Astuti, Fatma Hermining and Astuti, Amalia.Y (2023) Pengembangan Sistem Informasi Laboratorium Program Studi Teknik Industri. Universitas Ahmad Dahlan. (Unpublished)

[thumbnail of Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60160862.pdf] Text
Final_Laporan_Akhir_Penelitian_Internal_2022_60160862.pdf

Download (3MB)

Abstract

Laboratorium program studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan memiliki tujuan untuk meningkatkan proses pelayanan dan pengelolaan aktivitas untuk mendukung kegiatan pada tri dharma perguruan tinggi. Selama ini dalam pengelolaan laboratorium masih menggunakan sistem manual dari mulai aktivitas administrasi hingga akhir pelaksanaan aktivitas pendidikan praktikum. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan bantuan sistem informasi sehingga pengelola laboratorium tidak kesusahan untuk menemukan data maupun untuk meningkatan proses bisnis utama. Administrasi sudah dilakukan menggunakan komputer namun data-data beberapa masih berupa dokumen seperti pengarsipan alat-alat dan bahan praktikum. Peminjaman alat laboratorium untuk penelitian juga masih manual. Selain itu ditemukan bahwa setiap proses bisnis yang ada tidak mengalir dengan baik dalam satu sistem. Semua dokumen aktivitas masih terpisah dan susah untuk dicari jika tidak ditemukan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sistem informasi manajemen administrasi laboratorium di program studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan. Mitra penelitian adalah pengelola laboratorium program studi Teknik Industri. Metode penelitian yang dipakai adalah dengan memakai Rapid Application Development (RAD). Pertimbangan menggunakan metode RAD adalah waktu yang terbatas dalam pengembangan sistem informasi. Pengembangan sistem informasi menggunakan software Python untuk merancang prototipe sistem informasi. Tahapan dari penelitian dimulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan prototipe sistem informasi dan pengujian prototipe sistem informasi secara blackbox. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara dan diskusi kepada pihak pengguna sistem informasi. Luaran penelitian ini adalah prototipe sistem informasi manajemen administrasi laboratorium. Luaran tambahannya adalah draft paper ke Jurnal Media Informatika Budidarma. TKT penelitian ini adalah sampai 6 di mana prototipe sudah selesai dirancang. TKT ini akan dikembangkan lagi sesuai fungsi-fungsi baru untuk keperluan pengembangan sistem informasi lab pada tahun berikutnya.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: S.T., M.Sc Fatma Hermining Astuti
Date Deposited: 01 Apr 2023 02:33
Last Modified: 01 Apr 2023 02:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42066

Actions (login required)

View Item View Item