Pengembangan Kampung Wisata Sayidan sebagai Sentra Kain ringkel di Kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta

Anggraeny, Kurnia Dewi (2021) Pengembangan Kampung Wisata Sayidan sebagai Sentra Kain ringkel di Kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. [Artikel Dosen]

This is the latest version of this item.

[thumbnail of 7388-16452-1-PB.pdf] Text
7388-16452-1-PB.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of HASIL CEK_Prosiding Pengabdian Pengembangan Kampung Wisata.pdf] Text
HASIL CEK_Prosiding Pengabdian Pengembangan Kampung Wisata.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kampung wisata Sayidan pada komoditi kain ringkel demi menaikkan kemampuan ekonomi melalui aktivitas produksi dan pemasaran. Metode pelaksanaan yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan unjuk kerja.
Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi koordinasi lapangan dan pembagian alat serta bahan yaitu tanggal 5 Juni 2021 dan 17 Juni 2021 di Balai RW Sayidan, Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Kegiatan pada Tahun 1 dihadiri oleh tim PPM (dosen dan mahasiswa), ketua kelompok seni Selaras Craft Textile, dan warga yang telah dipilih. Dalam hal ini mahasiswa berperan aktif sebagai tim teknis dalam proses praktik membuat motif kain ringkel. Hasil yang telah diperoleh belum maksimal karena terkendala dengan adanya warga masyarakat sekitar yang sempat terpapar Covid-19, sehingga membuat kegiatan ini tertunda untuk beberapa waktu. Meskipun demikian, tim PPM terus melaksanakan program pengabdian sesuai dengan rencana yang telah disusun pada proposal yang telah diajukan.
Luaran yang telah diperoleh berupa draf artikel untuk diajukan pada seminar nasional hasil pengabdian kepada masyarakat, berita di media online KRonline, dan video Youtube.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Law (Fakultas Hukum) > Faculty of Law (FH) Doc
Depositing User: Kurnia Dewi Anggraeny
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:40
Last Modified: 03 Apr 2023 03:40
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42186

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item