PROBLEMATIKA INTERNALISASI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI “X" SLEMAN

Ru'iya, Sutipyo and Masduki, Yusron (2021) PROBLEMATIKA INTERNALISASI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI “X" SLEMAN. [Artikel Dosen]

[thumbnail of ARTIKEL_Sutipyo R_Problematika Internalisasi Akhlak.pdf] Text
ARTIKEL_Sutipyo R_Problematika Internalisasi Akhlak.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran daring pada sekolah di indonesia sudah berjalan lebih dari satu setengah tahun. Perubahan sistem pembelajaran ini ternyata menyisakan masalah yang cukup banyak, baik bagi guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai problem yang dialami guru dalam internalisasi akhlak oleh guru akidah akhlak pada pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah guru pendidikan akidah akhlak sebanyak dua orang di Madrasah Aliyah Negeri “X" Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dan observasi pembelajaran. Data dianalisis dengan melalui empat tahap sebagaimana yang disampaikan oleh Crasweel Hasil penelitian mengungkapkan bahwa problematika yang dialami guru AA, adalah pada saat penguatan ranah afektif dan implementasi akhlak (ramah psikomotorik)dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan ramah kognitif, sama sama dapat dilakukan dengan baik melalui dua platform, yaitu Google Classroom dan GeSchool. Problematika yang dialami guru Pendidikan Akidah Akhlak adalah pada saat akan melakukan internaliasasi dalam ranah afektif dan psikomotorik, karena beum terbentuk budaya bejalar di lingkungan keluarga. Untuk mensiasati hal ini, dibutuhkan kerjasama yang harmonis dan intensif dengan orangtua untuk memberi pengawasan kepada anak-anaknya dalam belajar

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: Sutipyo Ru'iya
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:33
Last Modified: 03 Apr 2023 03:33
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42256

Actions (login required)

View Item View Item