ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE PROGRAM UMKM PILIHAN MGDALENAF DI MASA PANDEMI COVID-19

Hariyanti, Nunik and AN NUR, FITRINANDA ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE PROGRAM UMKM PILIHAN MGDALENAF DI MASA PANDEMI COVID-19. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Naskah_Analisis Wacana Kritis Mgdalenaf.pdf] Text
Naskah_Analisis Wacana Kritis Mgdalenaf.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi.pdf] Text
Hasil Cek Plagiasi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada bagaimana wacana bantu usaha kecil mikro, kecil dan menengah (UMKM)
saat pandemi Covid-19 pada tayangan food vlogger Mgdalenaf. UMKM menjadi sorotan karena menjadi
sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Salah satu food
vlogger Indonesia dengan pengikut hampir 4 juta di kanal YouTube. Sejak akhir tahun 2020, Mgdalenaf
menayangkan program bantu UMKM di daerah Jabodetabek. Pada tahun 2021 ini Mgdalenaf dan tim
berupaya untuk menjangkau lebih luas lagi UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19 di Jawa-Bali.
UMKM sendiri adalah tonggak perekonomian Indonesia karena 60% PDB Indonesia berasal dari UMKM.
Wacana bantu UMKM melalui tayangannya. peneliti bertujuan untuk mengungkap wacana kritis yang
diangkat kreator tayangan food vlogger Mgdalenaf terkait isu bantu UMKM menggunakan analisis
wacana kritis van Dijk melalui tiga komponen analisis yaitu teks, kognisi sosial dan analisis sosial. Hasil
dari penelitian ini, teks menggambarkan pengalaman-pengalaman UMKM di tengah Pandemi Covid-19.
Dalam konteks kognisi sosial, kreator memiliki peran untuk ikut bergerak membantu UMKM yang
terdampak. Sedangkan analisis sosial yang diangkat merupakan dominasi wacana yang ada di
masyarakat yaitu UMKM adalah representasi dari perekonomian kelas menengah bawah yang saat ini
sulit untuk melakukan prosesn produksi, distribusi dan konsumsi. Selain itu, wacana yang muncul adalah
membangkitkan kembali UMKM sebagai penggerak perekonomian masyarakat dan perempuan juga
mampu berkontribusi dalam jalannya perekonomian.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: fitri nanda
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:56
Last Modified: 03 Apr 2023 05:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42307

Actions (login required)

View Item View Item