Analisis Efektifitas Penggunaan Antibiotika Pada Pasien Sirosis Hepatik Dengan Komplikasi SBP Di Salah Satu RS Yogyakarta

Adnan, Adnan and Lolita, Lolita Analisis Efektifitas Penggunaan Antibiotika Pada Pasien Sirosis Hepatik Dengan Komplikasi SBP Di Salah Satu RS Yogyakarta. Jurnal Insan Farmasi Indonesia, 3(1) Mei 2020 (1-8). (In Press)

[thumbnail of HASIL CEK_Adnan, lolita (1).pdf] Text
HASIL CEK_Adnan, lolita (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sirosis merupakan suatu proses difusi yang dikarakteristikan dengan fibrosis dan perubahan dari struktur hepatik normal menjadi nodul abnormal secara struktural. Secara umum komplikasi yang sering terjadi pada pasien rawat inap adalah Spontaneous Bacterial Peritonitis (SBP). Banyak terapi antibiotik yang bisa digunakan untuk SBP, misal golongan aminoglikosida, sefalosporin generasi ke tiga, penisilin, kuinolon dan golongan sulfa. penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektifitas antibiotik yang digunakan dalam terapi SBP. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan data secara retrospektif pada pasien sirosis hati dengan komplikasi SBP di RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2018. Sampel adalah semua pasien sirosis hati dengan komplikasi SBP yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Metode samplingnya adalah purposive sampling. Data yang diambil merupakan data karakterisik demografi dan karakteristik klinik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis multivariate dan uji beda. Terdapat 30 sampel yang memenuhi kriteria dengan komposisi laki-laki 18 orang (60%) dan 12 perempuan (40%). Terdapat 8 orang yang menerima antibiotik seftriakson dan 22 orang mendapatkan terapi sefotaksim. Nilai rata-rata LOSAR untuk seftriakson 7 hari dan sefotaksim 6 hari. Hasil analisis uji beda efektifitas antibiotik p = 0, 152. tidak ada perbedaan yang signifikan antara efektifitas seftriakson dan sefotkasim (p > 0,05).
Kata kunci: Sirosis Hati, Spontaneous Bacterial Peritonitis (SBP), Antibiotik

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: apt lolita umar
Date Deposited: 08 Apr 2023 00:05
Last Modified: 08 Apr 2023 00:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42660

Actions (login required)

View Item View Item