Pengaruh teknik anchor for flow dalam meningkatkan flow akademik siswa

Adiyansah, Nurdin and Hidayah, Nurul and Safaria, Triantoro (2019) Pengaruh teknik anchor for flow dalam meningkatkan flow akademik siswa. In: Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 8 Aug 2019, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Anchor Flow Akademik Hypnosis.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Anchor Flow Akademik Hypnosis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsentrasi dan dapat menikmati semua aktivitas akademik merupakan hal yang sangat penting
dimiliki oleh seorang siswa. Konsentrasi penuh dan tenggelam pada suatu aktivitas yang sedang di
kerjakan merupakan pengertian dari flow akademik. Namun sayangnya tidak semua siswa dapat
mencapai kondisi flow ini, rutinitas belajar disekolah yang cenderung monoton bahkan bisa membuat
siswa mengalami kejenuhan dalam belajar. Kejenuhan tersebut merupakan hal yang paling sering
ditemui disetiap sekolah. Akibatnya siswa menjadi tidak semangat dan kehilangan gairah dalam
melakukan aktivitas akademiknya. Oleh karena itu diperlukan sebuah teknik yang dapat meningkatkan
kondisi flow akademik ini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen randomized two-group
pre-test post-test yang bertujuan untuk menguji pengaruh teknik Anchor for Flow untuk meningkatkan
flow akademik. Sample pada penelitian ini adalah 50 siswa di sekolah X di Yogyakarta. Skala Flow
Akademik terdiri dari 24 item yang disusun oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek flow dari, dengan
hasil uji reliabilitas sebesar α = 0,937. Analisis data didapatkan nilai mean pre-test pada kelompok
eksperimen 65,84 dan nilai post-test sebesar 79,24. Sedangkan pada kelompok kontrol didapat nilai
mean pre-test sebesar 68,08 dan nilai post test 70,12. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh Teknik
Anchor for Flow terhadap skor Flow Akademik dilakukan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai t =
3,860 (p< 0,01). Hasil ini menunjukkan bahwa Teknik Anchor for Flow sangat signifikan berpengaruh
terhadap meningkatkan flow akademik siswa. Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keyword: Anchor, Flow Akademik, Hypnosis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:14
Last Modified: 10 Apr 2023 01:14
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42720

Actions (login required)

View Item View Item