MEWUJUDKAN PAUD TANGGUH MELALUI PENGUATAN PSIKOSPIRITUAL DAN PENDAMPINGAN EKONOMI

Yuzarion, Nurul Hidayah dkk (2022) MEWUJUDKAN PAUD TANGGUH MELALUI PENGUATAN PSIKOSPIRITUAL DAN PENDAMPINGAN EKONOMI. EC002022114299.

[thumbnail of Sertifkat HKI - Hidayah Nurul - Mewujudkan PAUD Tangguh.pdf] Text
Sertifkat HKI - Hidayah Nurul - Mewujudkan PAUD Tangguh.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) disebabkan oleh tiga masalah utama; (1) lemahnya spiritualitas keber-Islaman/ ke-Muhammadiyahan, (2) rendahnya pemahaman psikologis pengasuhan dan pendampingan belajar anak di rumah, dan (3) kurangnya pendapatan keluarga, dan lemahnya ketahanan ekonomi orangtua/ wali murid. Maka disusun tiga tujuan PKM ini; (1) penguatkan spiritualitas keber-Islaman/ ke-Muhammadiyahan, (2) penguatan pemahaman psikologis pengasuhan dan pendampingan belajar anak di rumah, (3) penguatan dan pendampingan ekonomi melalui pembudidayaan lele di pekarangan rumah orangtua/ wali murid di Taman Kanak-Kanak Binaan Pimpinan Cabang Aisyiyah Turi Kabupaten Sleman DIY.
Solusi dan metode tiga permasalahan utama di atas adalah (1) Metode Focus Group Discussion (FGD) untuk penguatkan keyakinan (aqidah/ spiritual) dan spiritualitas keber-Islaman/ ke-Muhammadiyahan. (2) Metode Pelatihan pengasuhan dan pendidikan untuk menguatkan pemahaman psikologis pengasuhan dan keterampilan pendampingan belajar anak di rumah, dan (3) Metode Pendampingan menguatkan ketahanan ekonomi mitra melalui pembudidayaan lele di pekarangan rumah orangtua/ wali murid.

Item Type: Patent
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:29
Last Modified: 10 Apr 2023 01:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42727

Actions (login required)

View Item View Item