DETERMINASI DIRI SEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP

Rahman, Fauzi and Abdillah, Hafizh Zain and Hidayah, Nurul (2020) DETERMINASI DIRI SEBAGAI PREDIKTOR SCHOOL WELL-BEING PADA SISWA SMP. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Determinasi Diri School Wellbeing Siswa SMP.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Determinasi Diri School Wellbeing Siswa SMP.pdf

Download (2MB)

Abstract

School well-being penting bagi siswa untuk proses pembelajaran dan perkembangan pribadi
yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris bagaimana determinasi
diri memprediksi school well-being pada siswa SMP di Kota Yogyakarta menggunakan teknik
analisa regresi linier terhadap 123 partisipan yang terpilih berdasarkan cluster random
sampling. Pengukuran dilakukan menggunakan 18 aitem skala determinasi diri (koefisien α
Cronbach = 0,83) dan 30 aitem skala school well-being (koefisien α Cronbach = 0,95). Hasil
analisa data menunjukkan nilai koefisien regresi (t) sebesar 2,062 dengan taraf signifikansi
sebesar 0,041 (p < 0,05) yang berarti bahwa determinasi diri dapat memprediksi school well-
being siswa SMP dengan sumbangan efektif sebesar 5,17%.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: determinasi diri, school well-being, siswa SMP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:38
Last Modified: 10 Apr 2023 01:38
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42732

Actions (login required)

View Item View Item