PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN IDENTIFIKASI DAN INTERVENSI PERMASALAHAN SISWA PADA GURU SEKOLAH DASAR

Hidayah, Nurul and Dewi, Ismira (2021) PENGEMBANGAN MODUL KETERAMPILAN IDENTIFIKASI DAN INTERVENSI PERMASALAHAN SISWA PADA GURU SEKOLAH DASAR. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Identification Intervention Student Problem Module Validation.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Identification Intervention Student Problem Module Validation.pdf

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan guru Sekolah Dasar (SD) dalam mengidentifikasi dan memberikan
intervensi dasar terhadap permasalahan psikologis anak sangat penting terhadap
Direvisi 6 September
2021
Diterima 15 November
2021

peningkatan kualitas akademik dan non akademik siswa, mengingat tidak ada
layanan khusus bimbingan dan konseling pada jenjang SD. Tujuan penelitian ini
untuk menyusun dan menguji validitas isi Modul Keterampilan Identifikasi dan
Penanganan Masalah Siswa. Validasi modul dilakukan melalui tahap expert
judgement (uji ahli). Pada tahap uji ahli dipilih tiga orang ahli dengan kriteria
psikolog yang berpengalaman praktik dan melakukan pelatihan di sekolah.
Kesimpulan hasil validasi modul menunjukkan bahwa secara keseluruhan Modul
Keterampilan Identifikasi dan Intervensi Permasalahan Siswa pada guru SD
memenuhi kriteria validitas isi yang dikategorikan sangat layak dan dapat
dilanjutkan ke tahap pengembangan berikutnya berupa uji validitas fungsional.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: identification, intervention, student problems, module validation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:42
Last Modified: 10 Apr 2023 01:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42742

Actions (login required)

View Item View Item