Putri, Riva Nadia and Hidayah, Nurul and Mujidin, Mujidin (2021) Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial, dan Gaya Belajar Visual terhadap Stres Akademik Siswa di Masa Pandemi. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Dukungan Sosial Gaya Belajar Visual Penyesuaian Diri Akademik Stres.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh penyesuaian diri, dukungan sosial, gaya belajar visual
terhadap stress akademik pada siswa kelas VII SMP X Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
skala model likert sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP X Yogyakarta.Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis
regresi berganda dengan bantuan program SPSS 21. Hasil analisis data menunjukan : (1) terdapat pengaruh yang sangat
signifikan antara penyesuaian diri, dukungan sosial, gaya belajar visual terhadap stres akademik yang ditunjukan dari F reg =
107,076 dengan nilai p = 0,000 (p<0,01). (2) terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap stres akademik yang ditunjukan
dari nilai t = -13,349 dengan nilai p = 0,000 (p<0,01). (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial
dengan stres akademik yang ditunjukan dengan nilai t = -1,726 dengan nilai p = 0,086 (p>0,01). (4) Tidak terdapat pengaruh
yang signifikan antara gaya belajar visual dengan stres akademik yang dapat dilihat dari nilai t= 1,944 dengan nilai p = 0,054
(p>0,01). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penyesuaian diri, dukungan sosial, gaya belajar visual
terhadap stress akademik.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Keyword: | Dukungan Sosial, Gaya, Belajar Visual, Penyesuaian Diri, Akademik Stres |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | Nurul Hidayah Hamid |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:43 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:43 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42743 |
Actions (login required)
View Item |