Peran Daya Juang Bagi Self-Regulated Learning Siswa SMA

Rohi, Enasely Mega Wenyi and Yuzarion, Yuzarion and Hidayah, Nurul (2021) Peran Daya Juang Bagi Self-Regulated Learning Siswa SMA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Siswa SMA Daya Juang Self-Regulated Learning.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Siswa SMA Daya Juang Self-Regulated Learning.pdf

Download (1MB)

Abstract

Self-regulated learning mempunyai peran penting dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan
prestasi akademik yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris
bagaimana daya juang memprediksi self-regulated learning pada siswa SMA di Kota Betun
Nusa Tenggara Timur menggunaka teknik analisa regresi linier terhadap 120 partisipan yang
terpilih berdasarkan purposive sampling. Pengukuran dilakukan menggunakan 22 aitem skala
daya juang (koefisien α Cronbach = 0,83) dan 21 aitem skala self-regulated learning (koefisien α
Cronbach = 0,95). Hasil analisa data menunjukkan nilai koefisien regresi (t) sebesar 5,237
dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) yang berarti bahwa daya juang dapat
memprediksi self-regulated learning siswa SMA dengan sumbangan efektif sebesar 21,5 persen.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Siswa SMA; Daya Juang; Self-Regulated Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:43
Last Modified: 10 Apr 2023 01:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42744

Actions (login required)

View Item View Item