Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa

Nugroho, Anang Amiruddin and Yuzarion, Yuzarion and Hidayah, Nurul (2022) Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan Self Regulated Learning Siswa. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Dukungan Sosial Guru Orientasi Masa Depan Self Regulated Learning.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Dukungan Sosial Guru Orientasi Masa Depan Self Regulated Learning.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji secara empiris hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan sosial guru
dengan self regulated learning, hubungan antara orientasi masa depan dengan self regulated learning, dan
hubungan dukungan sosial guru dengan self regulated learning. Metode penelitian menggunakan penelitian
kuantitatif, dengan teknik pengambilan data quota non random sampling. Adapun alat ukur penelitian
menggunakan skala self regulated learning, orientasi masa depan dan dukungan sosial guru. Jenis penelitian yang
dipilih adalah korelasi atau studi hubungan disebut juga studi korelasional. Hasil penelitian terdapat hubungan
antara orientasi masa depan dan self regulated learning dengan hasil sangat signifikan dengan nilai r=0,765 nilai
sig. 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan antara dukungan sosial guru dan self regulated learning dengan hasil sangat
signifikan dengan nilai r=0,576 nilai sig. 0,000 < 0,05. Secara keseluruhan, terdapat hubungan antara orientasi
masa depan dan dukungan sosial guru dengan self regulated learning secara simultan dengan hasil sangat
signifikan dengan nilai R=0,786 nilai sig. 0,000 < 0,05, sehingga ada faktor lain yang berhubungan dengan self
regulated learning sebesar 38,3%. Kesimpulannya, ada hubungan antara orientasi masa depan dan dukungan
sosial guru yang sangat signifikan dengan self regulated learning siswa di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan
SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Dukungan Sosial Guru, Orientasi Masa Depan, Self Regulated Learning.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:44
Last Modified: 10 Apr 2023 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42747

Actions (login required)

View Item View Item