Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa

Nuzulia, Andrea and Hidayah, Nurul (2022) Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Flow Akademik Prokrastinasi Akademik Stres Akademik.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Flow Akademik Prokrastinasi Akademik Stres Akademik.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu masalah yang terjadi dalam lingkup akademik yaitu stres
akademik. Oleh sebab itu, penting bagi mahasiswa mengetahui faktor
apa saja yang dapat dioptimalkan agar dapat mengatasi stres akademik
untuk meminimalisir dampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini
bertujuan untuk menguji hubungan antara prokrastinasi akademik dan
flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi.
Pengumpulan data menggunakan tiga skala yaitu skala stres akademik,
skala prokrastinasi akademik dan skala flow akademik. Teknik
pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random
sampling, dengan jumlah subjek 263 mahasiswa. Analisis data
menggunakan teknik regresi berganda dengan SPSS versi 25 for
windows. Hasil menunjukkan nilai R=0,466 dengan sig.=0,000 (p<0,01)
artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi
akademik dan flow akademik dengan stres akademik. Prokrastinasi
akademik dan stres akademik menunjukkan nilai r=0,153 dengan
sig.=0,013 (p<0,05) artinya ada hubungan yang signifikan antara
prokrastinasi akademik dengan stres akademk. Flow akademik dan
stres akademik menunjukkan nilai r=-0,224 dengan sig.=0,000
(p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara flow
akademik dengan stres akademk. Sumbangan efektif semua prediktor
terhadap kriterium sebesar 19,9%. Prokrastinasi akademik terhadap
stres akademik=7,682% dan flow akademik terhadap stres akademi
12,211%. Hasil kategorisasi menunjukkan mayoritas responden
memiliki tingkat prokrastinasi akademik, flow akademik dan stres
akademik dalam kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara prokrastinasi
akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa,
ada hubungan positif yang signfiikan antara prokrastinasi akademik
dengan stres akademik pada mahasiswa serta ada hubungan negatif
yang sangat signifikan antara flow akademik dengan dengan stres
akademik pada mahasiswa.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: flow akademik; prokrastinasi akademik; stres akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:45
Last Modified: 10 Apr 2023 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42749

Actions (login required)

View Item View Item