Lestari, Edo and Yuzarion, Yuzarion and Hidayah, Nurul (2003) Self Regulated Learning of Senior High School Students Reviewed from Emotional Maturity and Social Parental Support. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Dukungan Sosial Orang Tua Kematangan Emosi Self Regulated Learning.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kematangan emosi dan dukungan
sosial orang tua dengan self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMA A di Kota Yogyakarta dengan populasi siswa kelas X berjumlah 379
siswa yang tersebar ke dalam 11 kelas. 8 dari 11 kelas dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah 193
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kematangan
emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi sebesar 0,000
(p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (R) = 0,691; 2) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara
kematangan emosi dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien
korelasi (r) 0,667; 3) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua
dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (r) 0,446.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara
kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning siswa dengan sumbangan
efektif sebesar 47,7%.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Keyword: | Dukungan Sosial Orang Tua, Kematangan Emosi, Self Regulated Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | Nurul Hidayah Hamid |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 01:46 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42750 |
Actions (login required)
View Item |