PENGARUH PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

Saadah, Varia Nihayatus and Hidayah, Nurul (2013) PENGARUH PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Anak Disleksia Kemampuan Membaca Permainan Scrabble.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Anak Disleksia Kemampuan Membaca Permainan Scrabble.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan scrabble
terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia. Subjek dalam
penelitian ini adalah dua siswa dari Madrasah Ibtida’iyah yang memiliki
kesulitan belajar membaca atau disleksia. Metode penelitian yang
digunakan adalah single-case experimental design dengan pola desain AB-A.
Alat
pengumpul
data
yang
digunakan
adalah
berupa
tes
kemampuan

membaca.
Data
yang
diperoleh
kemudian
dianalisis
menggunakan
metode

analisis

visual Conservative Dual-Criterion untuk mengetahui perubahan
dan peningkatan kemampuan membaca setelah mendapat perlakuan
berupa permainan scrabble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya
peningkatan kemampuan membaca yang lebih efektif pada subjek kedua
dibanding subjek pertama. Subjek kedua diperoleh hasil perubahan
kemampuan membaca sebesar enam poin, sedangkan subjek pertama
diperoleh hasil perubahan kemampuan membaca sebesar tiga poin.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan scrabble
berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca anak disleksia.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: anak disleksia, kemampuan membaca, permainan scrabble
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:48
Last Modified: 10 Apr 2023 01:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42755

Actions (login required)

View Item View Item