PENGARUH TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA SISWA TK

Handayani, Da'ina Tri and Hidayah, Nurul (2014) PENGARUH TOKEN EKONOMI UNTUK MENGURANGI AGRESIVITAS PADA SISWA TK. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Agresivitas Memukul Token Ekonomi.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Agresivitas Memukul Token Ekonomi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tokenekonomi dalam mengurangi gejala agresivitas pada anak TK. Subjek
dalam penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas TK B, usia lima danenam tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitianini adalah metode observasi dengan pencatatan behavioralchecklist.Penelitian ini menggunakan single-case experimental designdengan format perlakuan ABA withdrawal. Data yang diperoleh kemudiandianalisis menggunakan teknik analisis visual inspection untuk
melihatperubahan dan membandingkan efektivitas perlakuan. Hasilpenelitian menunjukkan adanya penurunan gejala agresivitas khususnyaperilaku memukul pada subjek.Pada subjek pertama, perilaku memukulmengalami penurunan sebesar 2,87. Pada subjek kedua, agresivitaskhususnya perilaku memukul mengalami penurunan sebesar 2,08. Padasubjek ketiga perilaku memukul juga mengalami penurunan sebesar1,67.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tokenekonomi dapat mengurangi gejala agresivitas pada anak, khususnyaperilaku memukul.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: Agresivitas, memukul, token ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:49
Last Modified: 10 Apr 2023 01:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42756

Actions (login required)

View Item View Item