PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU, STUDENT ENGAGEMENTDAN EFIKASI DIRI TERHADAP SCHOOL WELL-BEING SISWA SMPN 1 SEMANUKABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kuswoyo, Kuswoyo and Hidayah, Nurul and Diponegoro, Ahmad Muhammad (2021) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU, STUDENT ENGAGEMENTDAN EFIKASI DIRI TERHADAP SCHOOL WELL-BEING SISWA SMPN 1 SEMANUKABUPATEN GUNUNGKIDUL. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK - Hidayah Nurul - Efikasi Diri Komunikasi Interpersonal Guru School Well-being Siswa Student Engagement.pdf] Text
HASIL CEK - Hidayah Nurul - Efikasi Diri Komunikasi Interpersonal Guru School Well-being Siswa Student Engagement.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menguji pengaruh antara
komunikasi interpersonal guru, student engagement dan
efikasi diri terhadap school well-being. 2) menguji
pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap school
well-being. 3) menguji pengaruh student engagement terhadap school well-being. 4) menguji pengaruh efikasi
diri terhadap school well-being. Populasi adalah siswasiswi

SMP Negeri 1 Semanu Kabupaten Gunungkidul.
Sampel penelitian adalah siswa kelas VI A, VIII C dan
IX A yang berjumlah 95 siswa. Teknik sampling
menggunakan cluster random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan istrumen penelitian
yang terdiri dari empat skala penelitian, yaitu skala
school well-being, skala komunikasi interpersonal guru,
skala student engagement dan skala efikasi diri. Tehnik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
berganda dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini
adalah 1) ada pengaruh yang sangat signifikan antara
komunikasi interpersonal guru, student engagement dan
efikasi diri terhadap school well-being, dengan nilai
signifikansi = 0,000 < (0,01), nilai F sebesar 35,880 dan
nilai R = 0,542. 2) ada pengaruh positif dan sangat
signifikan antara komunikasi interpersonal guru terhadap
school well-being dengan nilai signifikansi = 0,000 <
0,01 dan nilai t = 3,777. 3) ada pengaruh positif dan
signifikan antara student engagement terhadap school
well-being dengan nilai signifikansi = 0,027 < 0,05 dan
nilai t = 2,246. 4) ada pengaruh positif dan sangat
signifikan antara efikasi diri siswa terhadap school wellbeing
dengan
nilai
signifikansi
=
0,000
<
0,01
dan
nilai
t

=
4,973.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: efikasi diri; komunikasi interpersonal guru; school wellbeing; siswa; student-engagement
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:51
Last Modified: 10 Apr 2023 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42760

Actions (login required)

View Item View Item