PENINGKATAN KEDISIPLINAN MELALUI KONSELING KELOMPOKBEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK AVERSION THERAPY

Kuswoyo, Kuswoyo and Hidayah, Nurul and Diponegoro, Ahmad Muhammad (2021) PENINGKATAN KEDISIPLINAN MELALUI KONSELING KELOMPOKBEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK AVERSION THERAPY. [Artikel Dosen]

[thumbnail of Hasil CEK - Hidayah Nurul - Aversion Therapy Kedisiplinan Perilaku Membolos Konseling Kelompok Behavioristik.pdf] Text
Hasil CEK - Hidayah Nurul - Aversion Therapy Kedisiplinan Perilaku Membolos Konseling Kelompok Behavioristik.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena menurunnya
tingkat kedisiplinan siswa kelas IXF SMPN 1 Semanu semester
gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui peningkatan kedisiplinan siswa melalui konseling
kelompok behavioristik dengan teknik aversion therapy.
Subyek penelitian siswa kelas IX-F SMP Negeri 1 Semanu
dengan jumlah 8 siswa. Penelitian dilakukan berdasarkan
metode penelitian tindakan kelas (Class Action Reasearch). Pelaksanaan penelitian ini menerapkan 2 siklus, masing-masing
siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Instrumen yang digunakan adalah observasi
kedisiplinan siswa pra siklus, siklus I dan siklus II serta
observasi keaktifan siswa. Hipotesis penelitian yaitu konseling
kelompok behavioristik dengan teknik aversion therapy dapat
meningkatkan kedisiplinan siswa. Data penelitian
menyimpulkan keaktifan siswa pada aspek menyimak secara
aktif sebesar 93% kategori sangat baik. Aspek mengajukan
pertanyaan sebesar 85% kategori sangat baik. Aspek menjawab
pertanyaan sebesar 88% kategori sangat baik. Aspek
menghargai orang lain sebesar 85% kategori sangat baik. Aspek
mengemukakan pendapat sebesar 83% kategori sangat baik.
Frekuensi siswa meninggalkan kelas jam ke 1-2 sebanyak 1 kali
atau 2%. Frekuensi siswa meninggalkan kelas jam ke 3-4
sebanyak 0%. Frekuensi siswa meninggalkan kelas jam ke 5-6
sebanyak 1 kali atau 2%. Frekuensi siswa meninggalkan kelas
jam ke 7 sebanyak 1 kali atau 2 %. Rata-rata persentase
frekuensi siswa membolos pada siklus I sebesar 30% dan pada
siklus II sebesar 6% atau terjadi penurunan sebesar 24%.
Kedisiplinan siswa pada siklus I 70% kategori sedang dan pada
siklus II 94% kategori sangat tinggi, meningkat sebesar 24%.
Jadi konseling kelompok behavioristik dengan teknik aversion
therapy dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Artikel Dosen
Keyword: aversion therapy; kedisiplinan; perilaku membolos; konseling kelompok behavioristik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisi / Prodi: Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi)
Depositing User: Nurul Hidayah Hamid
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:51
Last Modified: 10 Apr 2023 01:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item