Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca al-qur’an siswa kelas v di sekolah dasar

Solekha, Sindy Umroh Atus and Suyatno, Suyatno Implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca al-qur’an siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar). ISSN e-ISSN: 2614-1620

[thumbnail of 2119-Implementasi pendidikan karakter mll pembiasaan membaca al-quran.pdf] Text
2119-Implementasi pendidikan karakter mll pembiasaan membaca al-quran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar merupakan sarana yang tepat dalam membentuk karakter peserta didik karena perkembangan anak usia sekolah dasar merupakan tahap penting dalam proses terbentuknya karakter. Pembiasaan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu program unggulan di SD Muhammadiyah Dadapan dalam menanamkan karakter kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Dadapan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data penelitian ini berupa wawancara dan dokumentasi.
Pengujian keabsahan data pada penelitian ini yaitu dengan
menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa
terdapat beberapa tahapan dalam program tersebut yaitu: 1)
Perencanaan yang terdiri dari proses menyiapkan administrasi,
penguatan guru, daftar hadir, kartu membaca Al-Qur’an, iqro' besar,
dan iqro’ cadanganserta gurumelakukan tes baca iqro’/Al-Qur’an dan
mengelompokan sesuai dengan kemampuan peserta didik. 2)
Pelaksanaan terdapat beberapa tahapan yaitu pendahuluan,
pelaksanaan, dan penutup. 3) Faktor pendukungterdiri dari guru yang
profesional dan fasilitas yang memadai. Faktor penghambat yaitu
kurangnya dukungan orang tua, kesadaran peserta didik, dan
banyaknya peserta didik.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Suyatno Suyatno
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:34
Last Modified: 11 Apr 2023 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42802

Actions (login required)

View Item View Item