Komunikasi Digital Bisnis Online Di Era Endemi Covid 19 Produk UMKM “Kecuali Coffee”

Christian, Adhitya Komunikasi Digital Bisnis Online Di Era Endemi Covid 19 Produk UMKM “Kecuali Coffee”. Jurnal, 6 (3). ISSN 2614-0462

[thumbnail of 2. Adhitya Rechandy Christian 21 Vol 6 No 3.pdf] Text
2. Adhitya Rechandy Christian 21 Vol 6 No 3.pdf

Download (523kB)

Abstract

Peran UMKM pada masa pandemi untuk bertahan dengan adaptasi lingkungan baru saat ini merupakan
hal yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini melihat bagaimana UMKM berupa coffee shop “kecuali
coffee” yang menghadapi kendala pandemi dengan terus melakukan terobosan dan adaptasi teknologi
untuk bertahan. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana dampak dari penggunaan komunikasi
digital terhadap UMKM diera endemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan studi kasus penelitian produk Kecuali Coffee. Pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa diera
pandemi menuju endemi covid-19. Kecuali Coffee menggunakan kegiatan berupa nonton bareng
(nobar club), open mic stand up comedy dan diskusi dengan tema dan agenda tertentu. Aktivitas
komunikasi digital pada kecuali coffee dilakukan melalui social media dengan berbagai promosi dan
program seperti paket vaksin dan pemasaran secara langsung. Kendala yang dihadapi oleh kecuali
coffee dalam aktivitas bisnisnya adalah dengan adanya persaingan pemain bisnis coffee shop yang
semakin marak berdampak pada strategi pembuatan konten untuk dapat bertahan dan memenangkan
pasar.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Management (S1 Manajemen)
Depositing User: S.E., M.M. Adhitya Christian
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:36
Last Modified: 11 Apr 2023 01:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42808

Actions (login required)

View Item View Item