INOV ASI BIMBINGAN KARIR DENG AN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKA TKAN KEMAT ANG AN KARIR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN

Prasetiawan, Hardi and Oktaviani Arni, Cendy (2021) INOV ASI BIMBINGAN KARIR DENG AN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKA TKAN KEMAT ANG AN KARIR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Arni, Prasetiawan_Teknik modelling, kematangan karir, bimbingan karir, SMK, remaja.pdf] Text
HASIL CEK_Arni, Prasetiawan_Teknik modelling, kematangan karir, bimbingan karir, SMK, remaja.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa terpenting dalam perkembangan karir bagi setiap individu. Ban yak masalah yang muncul selama periode ini, salah satunya adalah masalah karir yang berujung pada kematangan karir setiap siswa. Siswa tidak mendapatkan informasi yang cukup terkait dengan pendidikan dan karir sehingga siswa masih bingung dengan karir apa yang akan mereka pilih di masa depan. Siswa yang sering mengalami kendala dalam menentukan karirnya adalah siswa SMK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya pemberian informasi kepada mahasiswa oleh tenaga ahli profesional yang dilakukan dalam pelayanan birnbingan dan konseling, untuk itu perlu adanya layanan bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir mahasiswa, dengan teknik modelling dalam pelaksanaannya. bimbingan kelompok siswa untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (I) menganalisis pelaksanaan bimbingan kelompok di SMK Muhamadiyah I Prambanan Klaten, (2) mendeskripsikan tingkat kematangan karir siswa di SMK Muhamadiyah l Prambanan Klaten, (3) menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik pemodelan. untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten, dan (4) menganalisis keefektifan model. Desain yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Sebanyak 10 siswa dilibatkan sebagai sampel penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Has ii penelitian menunjukkan bahwa: (I) layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan di SMK Muhamadiyah I Prambanan Klaten, namun belum optimal, (2) tingkat kematangan karir siswa di SMK Muhamadiyah l Prambanan Klaten adalah 30% (kategori sedang), ( 3) dihasilkan model bimbingan. kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK Muhamadiyah 1 Prambanan Klaten, (4) model layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling yang efektif untuk meningkatkan kematangan karir. Peningkatan terjadi pada semua aspek kematangan karir. Artinya model birnbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:00
Last Modified: 18 Apr 2023 04:00
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42873

Actions (login required)

View Item View Item