Upaya Meningkatkan Self-Regulated Learning Melalui Konseling Kelompok Realitas Pada Siswa SMA Negeri 7 Vogyakarta

Prasetiawan, Hardi and Hasna, Afifah (2022) Upaya Meningkatkan Self-Regulated Learning Melalui Konseling Kelompok Realitas Pada Siswa SMA Negeri 7 Vogyakarta. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Hasna, Prsetiawan_Self-Regulate Learning, Reality Group Counseling.pdf] Text
HASIL CEK_Hasna, Prsetiawan_Self-Regulate Learning, Reality Group Counseling.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan komparasi self-regulated learning
peserta didik melalui pemberian tindakan konseling kelompok realitas. Populasi penelitian ini
seluruh peserta didik kelas X IPS 1 yang berjumlah 36 peserta didik dan sampel penelitian
berjumlah 6 peserta didik di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Jen is penelitian yang digunakan ialah
penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Data dikumpulkan menggunakan skala
self-regulated learning dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menujukkan bahwa tingkat self-regulated learning meningkat melalui layanan
konseling kelompok realitas

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:02
Last Modified: 18 Apr 2023 04:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42880

Actions (login required)

View Item View Item