KEEFEKTIV AN LAY ANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKA TKAN PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK

Prasetiawan, Hardi and Huuriyyah, Fiatul KEEFEKTIV AN LAY ANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI UNTUK MENINGKA TKAN PENGEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Huuriyyah, Prasetiawan_Kecerdasan spiritual, nilai-nilai islami, bimbingan kelompok.pdf] Text
HASIL CEK_Huuriyyah, Prasetiawan_Kecerdasan spiritual, nilai-nilai islami, bimbingan kelompok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (]) memeberikan rekomendasi Iayanan untuk emningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik, (2) membuktikan keefektifan penerapan bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai islami untuk meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pada peserta di usia remaja, sangat rentang melakukan berbagai penyimpangan. Penyimpangan tersebut mayoritas disebabkan oleh peserta didik yang mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Sehingga peserta did ik membutuhkan sebuah temeng untuk membentengi diri agar tidak terjerumus kepada berbagai penyimpangan. Peserta didik yang kecerdasan spiritualnya kurang berkembang akan sangat mudah terpengaruh untuk melakukan suatu hal yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Dalam ha! ini, guru BK membutuhkan layanan khusus untuk meningkatkan pengembangan kecerdasan spiritual peserta didik. Salah satu rekomendasi layanannya yaitu dengan menggunakan nilainilai islami dalam bimbingan kelompok.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:02
Last Modified: 18 Apr 2023 04:02
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42881

Actions (login required)

View Item View Item