KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Prasetiawan, Hardi and Kuntari, Merliana Dwi (2021) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Kuntari, Prasetiawan_Bimbingan kelompok, problem solving, berpikir kritis.pdf] Text
HASIL CEK_Kuntari, Prasetiawan_Bimbingan kelompok, problem solving, berpikir kritis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan keefektifan dari pemberian layanan
bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK di SMK Negeri I Wanarerja
dengan teknik problem solving guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa SMK Negeri I Wanarerja. Jenis penelitian ini menggunakan metode preeksperimental
dengan desain penelitian pre-test and post-test one group design
dan teknik pengambilan datanya yaitu purposive sampling. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Ciamis dengan sampel
sebanyak 10 orang siswa dari kelas ya sama. Hipotesis pada penelitian ini
penulis mengambil kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan
teknik problem solving dapat menjadi salah satu cara alternatif yang efektif
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, di mana peneliti juga
berpacu pada jurnal penelitian terdahulu. Peneliti juga berasumsi masih ada
layanan dan teknik lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:04
Last Modified: 18 Apr 2023 04:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42897

Actions (login required)

View Item View Item