Prasetiawan, Hardi and Lismawati, Tety (2022) KEEFEKTIFA LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP 3 SEWON. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK_Lismawati, Prasetyawan_Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Kecemasan Belajar.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kecemasan belajar terjadi pada saat peserta didik tidak dapat mengontrol pemikiran yang
negatif maupun yang kurang rasional dalam belajamya. Namun terdapat solusi untuk
mereduksi kecemasan belajar peserta didik yaitu dengan layanan konseling kelompok
menggunakan teknik cognitive restructuring. Konseling kelompok merupakan layanan
yang ada di sekolah untuk mengentaskan suatu permasalahan peserta didik yang sedang
dialami serta sebagai membantu peserta didik mengembangkan kompeteni yang
dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemaparan keefektifan dari layanan
konseling kelompok dengan f11ik cognitive restructuring yang dilaksanakan oleh guru
Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan
menggunakan jenis penelitian quasi experimental design dengan bentuk nonrandomized
control group pretest-posttest design, yang mana kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol tidak dipilih secara random. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive
sampling dari seluruh populasi siswa kelas IX SMP N 3 Sewon. Hipotesis pada penelitian
ini bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dapat
menjadi salah satu earn altematifyang efektifi.mtuk mereduksi kecemasan belajar peserta
didik .
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Hardi Prasetiawan |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:04 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42900 |
Actions (login required)
View Item |