Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym)

Prasetiawan, Hardi and Amir Nashrullah, Febrian (2022) Mengurangi (Burn-Out) Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Senam Otak (Brain Gym). [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Nasrullah, Prasetiawan_Senam otak, kejenuhan belajar.pdf] Text
HASIL CEK_Nasrullah, Prasetiawan_Senam otak, kejenuhan belajar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah tingkat kejenuhan belajar (burnout) dapat diturunkan dengan
teknik senam otak (brain gym) pada siswa kelas X SMAN Karangpandan. Sampel ditentukan dengan teknik
simple random sampling. Kelas sampel yakni kelas X IPS 6 sebagai kelas yang akan diberi perlakuan.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar berasal dari modifikasi Mas/ach
Burnout Inventory (MBI) yang disesuaikan dengan subjek penelitian untuk mengungkap tingkat kejenuhan,
dan pedoman observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian penurunan kejenuhan belajar dapat di Ii hat
dariprosentase lembar obervasi aktivitas siswa pada siklus pertama antusias siswa dalam mengikuti
pembelajaran senam otak sebesar 50,36% sementara pada siklus II terjadi peningkatan antusaias siswa
sebesar 71,15%. Kemudian pad a hasil pre-test dan post-test dengan menggunakan skala kejenuhan belajar
terdapat penurunan yang signifikan pad a tingkat kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa, pad a hasil pretest
tingkat kejenuhan belajar memperoleh prosentase sebanyak 35,82% sementara pada saat post-test
terjadai penurunan prosentase tingkat kejenuhan belajar siswa menjadi 28,36%. sehingga dapat
disimpulkan terjadi penurunan yang signifikan pada siswa kelas X IPS 6 setelah di.ikan perlakuan dengan
menggunakan teknik senam otak, dapat disimpulkan bahwa teknik senam otak (brain gym) efektif dalam
menurunkan kejenuhan (burnout) belajar siswa kelas X di SMAN Karangpandan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:05
Last Modified: 18 Apr 2023 04:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42907

Actions (login required)

View Item View Item