Pelatihan Mengatasi Perundungan Melalui Konseling Kreatif Seni Visual

Prasetiawan, Hardi and Fauziah, Mufied Pelatihan Mengatasi Perundungan Melalui Konseling Kreatif Seni Visual. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Prasetiawan, Fauziah_Konseling kreatif, seni visual, perundungan.pdf] Text
HASIL CEK_Prasetiawan, Fauziah_Konseling kreatif, seni visual, perundungan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konseling kreatif (creative art) adalah penggunaan seni kreatif dalam proses konseling, atau bisa juga konseling dengan menggunakan media seni kreatif untuk mencapai tujuan dari konseling. Adapun Konseling dalam jenis ini yaitu memanfaatkan media seni yang digunakan untuk mengekspresikan iran dan perasaan konseli yang dirasa sulit untuk diungkapkan dan dimengerti hanya dengan komunikasi verbal biasa terutama dalam mengatasi perundungan. Seni kreatif sangat berpotensi untuk menunjang pelaksanaan layanan konseling terutama mengatasi perundungan. Perundungan atau yang sering disebut dengan (bullying) merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, bertujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus. Pelatihan Konseling Kreatif Seni Visual ini merupakan suatu cara bagi para peserta didik (remaja) belajar bagaimana saling membantu antar remaja-remaja lainnya dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam mengatasi perundungan. Tujuan penggunaan modalitas seni visual dalam proses konseling juga membantu peserta didik untuk belajar mengeksplorasi perasaan terdalam yang tidak bisa terungkap melalui kata-kata. Pelatihan ini menjadi sebuah tawaran dan solusi oleh mitra sehingga dengan cara ini pelatihan konseling kreatif seni visual adalah sebuah simbol-simbol bahasa dalam mewakili perasaan dan konflik batin yang dialami oleh peserta didik.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:05
Last Modified: 18 Apr 2023 04:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42911

Actions (login required)

View Item View Item