Peer counseling with expressive art untuk meningkatkan resiliensi siswa sekolah menengah pertama di ,vilayah Bantul selama pandemi covid-19

Prasetiawan, Hardi and Wahyudi, Amien (2021) Peer counseling with expressive art untuk meningkatkan resiliensi siswa sekolah menengah pertama di ,vilayah Bantul selama pandemi covid-19. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Prasetiawan, Wahyudi_Peer counseling, expressive, art, resiliensi.pdf] Text
HASIL CEK_Prasetiawan, Wahyudi_Peer counseling, expressive, art, resiliensi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah utama peserta didik di SMP Muhammadiyah wilayah Bantu) adalah seringkali membicarakan masalah dan kasus seriusnya melalui teman sebayanya dibandingkan dengan orang tua dan gurunya. Selama keberadaan pandemi virus Covid-19 menjadi salah satu pemicu stres remaja yang mengakibatkan munculnya masalah performa resiliensi. Tujuan pengabdian ini adalah membentuk Konseling teman sebaya dengan seni ekspresif sebagai suatu cara membantu remaja menerapkan modaJitas seni ekspresif dalam proses konseling sehingga membantu konseli untuk mengeksplorasi perasaan terdalam yang tidak bisa terungkap melalui kata-kata.
Metode pelaksanaan Pelatihan Peer Counseling With Expressive Art Untuk Meningkatkan Resiliensi yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2021 dengan kegiatan (I) Video Conference, (2) Pelatihan, dan (3) Pendampingan, yang diberikan kepada para peserta didik. Identifikasi resiliensi diberikan melalui pretest (google form). 2 orang mahasiswa terlibat dalam membantu pengelolaan jadwal, persiapan video conference, dan pembuatan sertifikat.
Hasil dari pelatihan ini adalah luaran dalam bentuk Kabar Berita Daring (Elektronik) di Mediamu dan Video Pelatihan Peer Konseling With Expressive Art untuk Meningkatkan Resiliensi di SMP Wilayah Bantu) yang telah diunggah dalam kanal Youtube. Dampak yang didapatkan bersama Mitra PPM adalah didapatkannya sebuah pelatihan dan pendampingan melui daring baik secara sinkron video conference maupun asinkron melalui grup whatsapp dengan berbagai aktivitas yang diberikan.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:07
Last Modified: 18 Apr 2023 04:07
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42920

Actions (login required)

View Item View Item