Analisis Uji Peluncuran Roket Air Berbasis Carbon Fiber menggunakan Sistem Telemetri

Hidayah, Qonitatul (2022) Analisis Uji Peluncuran Roket Air Berbasis Carbon Fiber menggunakan Sistem Telemetri. Jurnal Teori dan Aplikasi Fisika, 10 (1). pp. 81-88. ISSN 2303-016X

[thumbnail of HASIL CEK] Text (HASIL CEK)
HASIL CEK_QONITATUL HIDAYAH_ANALISIS UJI LUNCUR ROKET AIR.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of PEER REVIEW] Text (PEER REVIEW)
PEER REVIEW_QONITATUL HIDAYAH_ANALISIS UJI PELUNCURAN.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Teknologi roket dengan propelan air menjadi lebih popular dan sebagai alternatif untuk diterapkan untuk pendidikan dan rekreasi, seperti industri dan militer. Penggunaan roket air sebagai sarana yang mudah, aman, dan murah dalam pengukuran parameter fisik pada ketinggian di atas permukaan bumi sedang gencar dilakukan. Salah satu solusi alternatif adalah teknologi roket air aerodinamis yang dilengkapi dengan sistem telemetri. Roket yang digunakan untuk uji luncur berbahan dasar serat karbon yang belum teruji. Pengaturan uji terbang dengan mengisi air 1/3 volume tabung dan tekanan 1,379,000 Pa. Hasil peluncuran roket air menunjukkan ketinggian maksimum 80.77 m. Perubahan percepatan di sumbu x, sumbu y, dan sumbu z menunjukkan gerak normal roket terbang. Analisis stabilitas dan kendali roket terlihat pada pengukuran sudut kemiringan roll, pitch, dan yaw. Ketika roket bergerak atau miring, sudut yang diukur sesuai dengan kemiringan. Pada kondisi roll, roket bergerak dari waktu peluncuran sampai pendaratan menunjukkan gerakan perputaran roket pada sudut kurang lebih  20o. Potensi roket air yang masih dapat dikembangkan, perlu ditingkatkan kehandalan roket air baik dari segi pemanfaatan maupun penelitian.

Item Type: Artikel Umum
Keyword: roket, sistem telemetri, stabilitas, kendali
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Physics (S1-Fisika)
Depositing User: Qonitatul Hidayah
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:11
Last Modified: 18 Apr 2023 04:11
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42922

Actions (login required)

View Item View Item