Prasetiawan, Hardi and Setyo Prayogo, Ayudi (2022) Upaya Meningkatkan TanggungJawab Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Realita di Kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Manyaran Tahun Pelajaran 2021/2022. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK_Prayoga, Prasetiawan_Konseling kelompok, konseling realita, tanggung jawab.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian "riset-tindakan" yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah tanggung jawab belajar peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Manyaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 5 siswa mengalami masalah terkait tanggung jawab belajar dan kinerja guru yang harus dikembangkan dalam layanan konseling individu dengan pendekatan realitas. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu diperoleh kenaikan nilai yang signifikan, dengan hasil rata-rata pra siklus 47%, siklus I : 68 %, siklus II : 87%, Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita dalam upaya meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Manya ran terdapat adanya peningkatan tanggung jawab belajar peserta didik,
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Konseling Reolito, Tanggung Jawab
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Hardi Prasetiawan |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:11 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:11 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42927 |
Actions (login required)
View Item |