Prasetiawan, Hardi and Armilha Pitria Sari, Baiq and Budi Utomo, Nurbowo (2021) UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA MISTERY BOX PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KURIPAN LOMBOK BARAT TAHUN 2021. [Artikel Dosen]
Text
HASIL CEK_Sari, Prasetiawan, Utomo_Perencanaan Karir, Layanan Klasikal, Mistery Box.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada Zaman sekarang ini masih banyak sterdapat anak peserta didik yang kurang memahami dalam merencanakan
karir untuk masa depan. Hasil observasi peneliti dari bulan Juli sampai Agustus 2021 menunjukkan rendahnya
pemahaman peserta didik tentang merencanakan karir untuk masa depannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui sejauh mana peningkatkan perencanaan karir pese11a didikJenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan
Kelas (Classroom Action Research). Yang menjadi variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah layanan klasikal
menggunakan media Mistery Box sedangkan variabel terikatnya (y) adalah perencanaan kai·ir. Penelitian tindakan
ini mempunyaiempat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitan ini dilaksanaan
dalamjanga watu satu bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan perencanaan karir siswa melaltti
layanan klasikal dari awa.apada kategori baik dengan presentase sebesar 50% menuju kategori arnat baik dengan
presentasesebesar 75 %. Maka dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian
tindakan yang dilakukan berhasil. Disarankan bagi guru BK untuk menggunakan Media Mistery Box dalam
melasanakan layanan sesuai kebutuhan guru BK.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | Hardi Prasetiawan |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 04:48 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42948 |
Actions (login required)
View Item |