Repository Universitas Ahmad Dahlan

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF

Permana, Yudi (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF. PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. pp. 116-122. ISSN - ISBN: 978-602-70296-8-2

[img] Text
Yudi Permana_STKIP Kuningan.pdf

Download (355kB)

Abstract

Pelaksanaan kurikulum tentunya sangat menekankan pada aspek pembenukan karakter bang- sa dan penekanan pada aspek pemerolehan pengetahuan secara konstrukivis. IPS sebagai salah satu ata pelajaran di SD tentu memiliki peran penting dalam mengaplikasikan tujua kurikulum terlebih lagi pendidikan karakter tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan tematik integrative yang dilaksanakan di SD tentu mengharapkan sikap kreatif dari seorang guru pada pembelaja- ran tersebut dalam penekanan terhadap penanaman nilai-nilai karakter dan proses pembelajaran secara konstrutivis. Model Problem Based Learning merupakan suatu model yang sangat kontek- stual dengan lingkungan anak dengan karakteristik open ended contextual activity-based learn- ing, suatu pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahakn persoalan-persoalan sosial dan bagian dari proses pembelajaran yang menekankan pada aspekpemecahan masalah dalam lingkun- gan. Dengan adanya model ini tentu saja sangat kontekstual dengan lingkungan siswa, tema-tema dalam pembelajaran tematikdapat dijadikan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan siswa dengan menggabungkan berbagai pembelajaran. Nilai-nilai karakter harus tentu dihasilkan dari proses model PBL ini pada pembelajaran di kelas, pengembangan sikap madiri, kerjasana, penanaman sikap lingkungan dapat ditanamkan ada anak. Kata kunci: Problem Based Learning, Tematik Integratif, Pendidikan Karakter.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Prodi PGSD
Date Deposited: 08 Dec 2016 01:35
Last Modified: 08 Dec 2016 01:35
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.