Pendampingan pengembangan karya inovasi pada guru sekolah dasar

Prasetiawan, Hardi and Supriyanto, Agus and Hartini, Sri (2021) Pendampingan pengembangan karya inovasi pada guru sekolah dasar. [Artikel Dosen]

[thumbnail of HASIL CEK_Supriyanto, Prasetiawan_Burn out, seni kreatif, pandemi covid-19.pdf] Text
HASIL CEK_Supriyanto, Prasetiawan_Burn out, seni kreatif, pandemi covid-19.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of HASIL CEK_Supriyanto, Hartini, Prasetiawan_Karya inovasi, pendidikan, kompetensi guru.pdf] Text
HASIL CEK_Supriyanto, Hartini, Prasetiawan_Karya inovasi, pendidikan, kompetensi guru.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tuntutan profesi guru melalui karya-karya inovatif yang diimplementasikan dalam proses
pembelajaran secara kreatif. Fakta bahwa guru selama pandemi covid-19 dalam proses
pembelajaran hanya memberikan tugas kepada siswa. Guru SD mengalami kesulitan dalam
proses pembelajaran dan kurang interaktif. Tujuan pengabdian ini adalah u k membantu
mengembangkan karya inovatif bagi guru SD. Rancangan kegiatan dengan metode Forum
Group Discussion, pemberian informasi, dan pendan1pingan. Sasarannya adalah guru SD di
Kulonprogo. Instrumen penilaian hasil pendampingan pengembangan karya inovatif guru SD
adalah melalui angket-analisis data melalui standar deviasi untuk mengukur kemampuan
guru. Hasi I identifikasi bahwa 41, 10% guru mungkin memiliki karya inovasi, 25, 77% guru
■erasa belum memiliki karya inovasi, dan hanya 33, 13% guru yang memiliki karya inovasi.
Sebelum pendampingan sebagian besar yaitu 47,85% mungkin memahami kompetensi
diri dengan penyusunan karya inovasi, 23,31% tidak paham, dan 28,83% paham. Basil
pendampingan pengembangan lapangan kerja inovatif bagi guru SD adalah peningkatan
kemampuan guru dalam mengembangkan karya kreatif. Hasilnya 69,84% guru dapat
menyusun karya inovasi, dan 28,57% guru mungkin telah menyusun karya inovasi dan
membutuhkan pendampingan intensif. Hanya 1,59% yang tidak mampu mengumpulkan karya
inovasi. Pendampingan karya inovatif membutuhkan pelatihan intensif bagi guru untuk
menghasilkan karya orisinal bagi anak bangsa.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: Hardi Prasetiawan
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:42
Last Modified: 18 Apr 2023 09:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/42956

Actions (login required)

View Item View Item